Selasa, 04 Agustus 2015

makalah PUGS



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT dengan rahmat dan inayah-Nya makalah tentang pedoman umum gizi seimbang telah selesai kami susun sebagai penunjang tambahan dalam kegiatan belajar. Salawat serta salam kami curahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW,kepada keluarganya,para sahabatnya,para tabi’iin dan tabi’atnya,juga tak pula kepada kita selaku umatnya.AMIIN
Makalah ini kami susun,sebagai penunjang tambahan dalam kegiatan belajar,dengan menggunakan makalah ini semoga kegiatan belajar dalam memahami pedoman umum gizi seimbang dan menambah sumber-sumber pengetahuan. Kami sadar dalam penyusunan makalah ini belum bisa di katakan mencapai tingkat kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran tentu kami butuhkan. Mohon maaf apabila ada kesalahan cetak atau kutipan-kutipan yang kurang berkenan. Terimakasih.









Daftar isi
Kata pengantar ......................................................................................
Daftar isi ................................................................................................
Bab I pendahuluan ................................................................................
Ø Latar belakang ......................................................................
Ø Tujuan ...................................................................................
Ø Rumusan masalah ................................................................
Bab II pembahasan ................................................................................
Bab III penutup.......................................................................................
Ø Kesimpulan ...........................................................................
Ø Saran ....................................................................................









BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Gizi merupakan komponen aspek penting dalam perkembangan manusia. Istilah gizi sendiri berasal dari bahasa arab “ghidza” yang berarti makanan (muchtadi,2008). Komponen-komponen gizi di dalamnya terbagi atas karbohidrat,lemak,protein,vitamin,mineral dan semua eleman tersebut di butuhkan oleh tubuh. Apabila terjadi suatu kekurangan gizi baik satu elemen maupun kekurangan seluruhnya akan berakibat pada gangguan proses pertumbuhan dan perkembangan, seperti contohnya infeksi, menurun struktur dan fungsi otak yang berdampak pada kecerdasan dan prilaku anak. (almatsier,2003). Atas dasar tersebut, kita dapat megatakan bahwa suatu daerah atau negara dapat produktif apabila asupan gizi yang seimbang terpenuhi. Sementara itu menurut endang rahayu sedyaninghsih selaku mentri kesehatan dalam konfrensi pers pada seminar nasional di balai kartini jakarta 8 november 2012, indonesia menduduki negara yang kekurangan gizi no 5 di dunia, hal ini di perkuat bahwa fakta jumlah penduduk indoesia berada di urutan 4 besar di dunia. Daaerah-daerah yang terkena wabah kekurangan gizi tersebut tersebar secara merata di seluruh indonesia. Salah satu daerah yang terkena dampak kekurangan gizi tersbut adalah provensi nusa tenggara timur (NTT) tempatnya kecamatan larantuka kabupaten plores timur provensi memiliki iklim kering dan sumber daya alam yang terbatas, sehingga kehidupan menjadi sulit dan tingkat kemiskinan relative tinggi. Badan pusat statistik menyebutkan bahwa penduduk miskin di nusa tenggara timur (NTT) pada bulan maret 2013 adalah sebesar 993,56 ribu orang (20,03%) tingginya angka kemiskinan akan berpengaruh terhadap kekurangan gizi dari anak-anak yang berusia 2-5 tahun, di mana pada usia tersebut gizi untuk pertumbuhan balita harus tercukupi.














1.2 TUJUAN PEMBAHASAN
1. Untuk mengetahui sejarah PUGS
2. Untuk mengetahui manfaat PUGS dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengetahui manfaat gizi seimbangan
4.  Mngetahui keadaan gizi yang baik dan meningkatkan kesehatan

1.3 RUMUSAN MASALAH
1. menggapa 4 sehat 5 sempurna diubah menjadi pedoman gizi seimbang...??
2. Bagaimana mengetahui manfaat PGS..??
3. Bagaimana mengetahui manfaat gizi seimbang..??
4. Bagaimana mengetahui gizi yang baik dalam kehidupan sehari-hari..??     






























BAB II
PEMBAHASAN

1.      Sejarah PGS ( Pedoman gizi seimbang )
tanggal 17 januari 2014 Indonesia kini resmi menggunakan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) untuk menyiapkan pola hidup sehat masyarakat Indonesia dalam menghadapi 'beban ganda masalah gizi', yaitu ketika kekurangan dan kelebihan gizi terjadi secara bersama.PGS di harapkan dapat memperbaiki pedoman sebelumnya, yaitu 4 sehat 5 sempurna yang sudah dipopulerkan sejak tahun 1950-an."4S 5S itu sudah jadi sejarah, karena ini adalah ilmu pengetahuan. Tidak  ada ilmu pengetahuan yang kekal, semuanya pasti berkembang dan diperbaharui. Bukan berarti dihapuskan, tetapi dikembangkan dengan pengetahuan yang baru.
Jika Empat Sehat Lima Sempurna menekankan pada:


http://zhombhieangel.files.wordpress.com/2011/05/4sehat-5-sempurna.jpg?w=300&h=225
1.      Makanan Pokok
2.      Lauk-Pauk
3.      Sayur-Mayur
4.      Buah
5.      Susu
Maka Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Pedoman Gizi Seimbang memperhatikan 4 prinsip, yaitu:
  1. Variasi makanan
  2. Pentingnya pola hidup bersih
  3. Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
  4. Memantau berat badan ideal

Prof Soekirman mengatakan berbeda dengan konsep 4Sehat 5Sempurna yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, PGS berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan dan akitifitas fisik memerlukan PGS yang berbeda, sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok tersebut.Di samping itu, PGS menekankan pula proporsi yang berbeda untuk setiap kelompok yang disesuaikan atau diseimbangkan dengan kebutuhan tubuh.
Perbedaan lainnya, PGS tidak memberlakukan susu sebagai makanan sempurna, melainkan ditempatkan satu kelompok dengan sumber protein hewani lain."Konsep 4Sehat 5Sempurna diciptakan karena pada tahun 1950-an orang belum tahu cara makan yang benar. Tetapi sejak tahun 90-an, permasalahan gizi sudah berubah. Sekarang banyak negara menghadapi masalah kegemukanan, obesitas dengan akibatnya diabetes, hipertensi, jantung, stroke, yang mewabah ke negara maju dan berkembang," lanjut Prof Soekirman, yang juga merupakan ketua Koalisi Fortifikasi Indonesia (KFI).Prof Soekirman menuturkan, dengan adanya permasalahan ini akhirnya pada konferensi di Roma, FAO dan WHO mulai mengubah konsep 4Sehat  5Sempurna menjadi Pedoman Gizi Seimbang .

Pedoman Gizi Seimbang  maenggunakan Ilustrasi Tumpeng
http://zhombhieangel.files.wordpress.com/2011/05/clip_image004_smnr.jpg?w=300&h=258
Pesan-pesan PGS baru, yaitu :
1)      Syukuri  dan nikmati anekaragam makanan.
2)      Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan.
3)      Biasakan mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
4)      Biasakan mengkonsumsi aneragam makanan pokok.
5)      Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak.
6)      Biasakan sarapan.
7)      Biaskan minum air putih yang cukup dan aman.
8)      Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
9)                  Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir                                  10)   Lakukan aktifitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.
Untuk mempermudah pemahaman mengenai PGS, setiap negara di dunia memiliki visualisasi yang disesuaikan dengan kebudayaan masing-masing.Di Indonesia, prinsip PGS divisualisasikan dalam bentuk tumpeng dan nampannya yang disebut Tumpeng Gizi Seimbang (TGS).TGS membantu setiap orang memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, sesuai dengan berbagai kebutuhan menurut usia (bayi, balita, remaja, dewasa, usia lanjut) dan sesuai keadaan kesehatan (hamil, menyusui, aktivitas fisik, sakit).
Potongan-potongan TGS dialasi dengan air putih, artinya air putih merupakan bagian terbesar dan zat gizi esensial bagi kehidupan untuk hidup sehat dan aktif.Setelah itu, ada potongan besar yang merupakan golongan makanan pokok (sumber karbohidrat), dianjurkan dikonsumsi 3-8 porsi (sesuai kebutuhan menurut usia dan keadaan kesehatan).Di atas bagian ini terdapat golongan sayuran dan buah sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Setelah itu baru protein hewani dan nabati, serta di puncak tumpeng terdapat potongan kecil gula, garam dan minyak yang hanya digunakan seperlunya.Dan sebagai alas TGS, gizi seimbang juga harus menyertakan olahraga teratur, menjaga kebersihan dan memantu berat badan.Pemahaman tentang gizi seimbang diharapkan dapat membekali individu maupun keluarga dalam mencegah masalah-masalah yang timbul serta membantu mewujudkan pola hidup sehat masyarakat Indonesia.











        BAB III PENUTUP
1.      KESIMPULAN

·           Konsep 4 Sehat 5Sempurna diciptakan karena pada tahun 1950-an orang belum tahu cara makan yang benar. Tetapi sejak tahun 90-an, permasalahan gizi sudah berubah. Sekarang banyak negara menghadapi masalah kegemukanan, obesitas dengan akibatnya diabetes, hipertensi, jantung, stroke, yang mewabah ke negara maju dan berkembang.
·         4 sehat 5 sempurna Menjadikan susu sebagai minum sempurna sedangkan pada pedoman gizi seimbang susu tidak lagi menjadi minuman sempurna melainkan diletakkan pada kelompok mengandung protin hewani.
·         Pedoman gizi seimbang perprinsip bahwa setiap kebutuhan orang berbeda- beda baik itu golongan usia, jenis kelamin, kesehatan dan aktivitas tubuh.


2.      Saran
·         Perilaku sehat akan mencermikan kehidupan yang sehat, karena hidup sehat bagian  dari gizi seimbang.
·         Pengetahuan tentang gizi seimbang mendatangkan kehidupan sehat dan sesuai dengan prinsip-prinsip gizi seimbang.
·         Menghindari makanan yang asin, manis dan berlamak secara berlebihan.
·         Lakukan aktivitas fisik secara teratur baik itu olahraga agar tubuh kita lebih sehat dan  terhidar dari virus atau bakteri yang membuat sakit.
·         Perbanyak mengkonsumsi air putih yang sehat dan bersih .

1 komentar:

  1. Jammy Casino - KAYAK - Missouri - MJHUB
    This casino was built 제주도 출장안마 by one of the 천안 출장샵 main operators 강릉 출장안마 of the Jammy Casino in Columbus, 부천 출장샵 Ohio. The casino 부천 출장안마 is owned by the Tribe of Indians of Greater

    BalasHapus